Cover

Tata Kelola Perusahaan

LAPORAN KEUANGAN BERKELANJUTAN

STRATEGI KEBERLANJUTAN


Direksi di bawah pengawasan Dewan Komisaris memiliki peran aktif dalam pembuatan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan serta monitoring terhadap pelaksanaannya dengan fokus perhatian terhadap keselarasan sektor ekonomi, sosial dan lingkungan hidup.
Dalam penerapan Keuangan Berkelanjutan terdapat prinsip - prinsip yang diterapkan oleh Perusahaan :
1)    Prinsip bisnis yang bertanggung jawab
2)    Prinsip strategi dan praktik bisnis berkelanjutan
3)    Prinsip pengelolaan risiko sosial dan Lingkungan Hidup
4)    Prinsip Tata Kelola
5)    Prinsip komunikasi yang informative
6)    Prinsip inklusif
7)    Prinsip koordinasi dan kolaborasi
Komunikasi yang dijalani oleh Perusahaan adalah dengan komunikasi 2 (dua) arah yang transparan, komunikasi dua arah yang transparan diyakini dapat menjalin hubungan yang baik dengan semua pemangku kepentingan.
Komunikasi dua arah dengan pihak eksternal yang terbuka dibangun melalui berbagai aktivitas komunikasi dan pengelolaan media komunikasi yang dimiliki, media komunikasi dengan pihak eksternal diantaranya dilakukan melalui email perusahaan, website dan juga telephone.

 

IKHTISAR KINERJA ASPEK KEBERLANJUTAN


Aspek Ekonomi

  • Ciptadana Multifinance berkomitmen untuk memajukan Aksi Keuangan Berkelanjutan dengan semakin fokus dalam melakukan kerjasama dengan Developer pembangunan perumahan maupun apartemen yang mengedepankan AMDAL, selain juga lebih cermat dalam memberikan pembiayaan kepada Debitur pertambangan ataupun perkebunan yang tidak merusak lingkungan hidup atau memiliki program reboisasi dan rehabilitasi setelah melakukan kegiatan bisnisnya.

Aspek Lingkungan Hidup

  • Program Ciptadana Multifinance untuk melakukan pengurangan penggunaan kertas terus dilakukan. Ciptadana Multifinance secara maksimal menggunakan sistem internal sekaligus menyempurnakan sistem internal perusahaan dan komunikasi menggunakan email kepada Debitur maupun pihak ketiga lainnya. Budaya ini pun terus berlanjut ketika telah menerapkan bekerja sepenuhnya dari kantor.

Aspek Sosial

  • Penerapan Aksi Keuangan Berkelanjutan yang berfokus pada kelestarian lingkungan memiliki dampak positif :
    • Lingkungan kerja menjadi lebih asri dengan berkurangnya sampah, baik sampah kertas ataupun sampah plastik.
    • Mengedukasi dan menyadarkan karyawan/masyarakat untuk lebih bijak dalam menjalankan kegiatan usaha untuk concern kepada kesehatan lingkungan.
    • Karyawan memiliki kepedulian berhubungan dengan lingkungan hidup, yang membuat karyawan menjadi lebih bahagia.
    • Membuat perusahaan berkembang ke arah digitalisasi dan berfokus pada sistem sehingga mengurangi penggunaan kertas dan file-file yang kemungkinan besar dapat hilang atau rusak

Untuk informasi lebih lengkap dapat dibaca melalui dokumen berikut:

Laporan Keuangan Berkelanjutan 2022